Tiga Nama Calon Kuat Dirut Pertamina

Nur Farida Ahniar
28 November 2014, 10:49
Pertamina - KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ?  Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan mengumumkan nama Direktur Utama PT Pertamina (Persero) sore ini. Sejumlah nama yang dicalonkan untuk mengisi posisi tersebut yaitu mantan Dirut PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Rinaldi Firmansyah dan Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Budi Gunadi Sadikin.

Menurut sumber Katadata, kedua nama itu memang masuk dalam seleksi calon Dirut Pertamina. Selain mantan dirut BUMN, ada juga petinggi perusahaan asing yang masuk radar yaitu CEO GE Indonesia Handry Satriago. "Ada calon dari petinggi perusahaan asing juga," ujarnya.

Advertisement

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Naryanto Wagimin berharap Dirut Pertamina yang baru bisa mengerti tentang migas. Karena nama-nama yang beredar berasal dari industri perbankan. "Harusnya dia mengetahui tentang migas," ujarnya Naryanto dalam wawancara dengan Katadata beberapa hari lalu.

Awalnya Kementerian BUMN akan mengumumkan pengganti Karen Agustiawan itu pada pagi hari pukul 09.30 WIB. Namun pengumuman itu ditunda menjadi pukul 15.00 WIB.

Karen Agustiawan mundur dari Dirut Pertamina per 1 Oktober 2014. Tugasnya lalu digantikan sementara oleh Muhamad Husen, yang dulu menjabat sebagai Direktur Hulu Pertamina. Menurut aturan, masa jabatan Husein seharusnya berakhir pada 1 November 2014. Namun Menteri BUMN Rini Soemarno meminta perpanjangan hingga awal Desember untuk memilih Dirut baru BUMN Migas terbesar di Indonesia itu.

Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement