Pertamina: Kerjasama dengan Sonangol Bakal Menguntungkan

Aria W. Yudhistira
3 Desember 2014, 16:03
Pertamina - KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin
Pertamina menilai kerjasama dengan Sonangol akan memberikan keuntungan bagi Indonesia.

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) optimistis perjanjian kerjasama dengan Sonangol EP akan memberikan keuntungan bagi Indonesia. Upaya DPR menganulir kerjasama tersebut lantaran parlemen tidak mengetahui persoalan secara mendetail.

?Saya pikir ini hanya masalah informasi yang belum jelas,? kata Direktur Pengolahan, Pemasaran, dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang di Jakarta, Rabu (3/12).

Sampai saat ini, pihak Pertamina dan Sonangol masih menegosiasikan butir-butir persyaratan dalam perjanjian tersebut. Negosiasi diperkirakan selesai pada Januari atau Februari 2015, dan segera dapat ditandatangani.

Menurut Ahmad, perjanjian tersebut akan mencakup perdagangan, pengolahan, dan eksplorasi migas. Bagi Indonesia, keuntungan dari kerjasama ini akan menjami pasokan minyak mentah ke dalam negeri.

?Ya saya katakan karena syarat di MoU belum terpenuhi. Tapi bukan berarti tidak ada gunanya kerjasama dengan Sonangol. Kalo joint venture ini terpenuhi kita dapat untung banyak,? kata dia.

Meski begitu, Pertamina tetap menjajaki kerjasama dengan perusahaan minyak dan gas bumi (migas) lain untuk menjamin pasokan energi di dalam negeri. Ini terutama untuk membangun kilang di dalam negeri. Dia menjelaskan, ada tiga aspek kedaulatan energi. Pertama, kebutuhan minyak mentahnya. Kedua, kapasitas kilangnya, dan ketiga fasilitas penimbunannya.

?Sekarang kalaupun kilang kami upgrade, dan kami bangun (kilang) baru, minyak yang kami olah juga nggak ada kan. Artinya apa? Kami juga cari partner untuk mengembangkan kilang ini yang bisa menjamin security of supply crude (pasokan minyak)-nya,? kata Ahmad. 

Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...