Industri Dukung Bersih-Bersih di Sektor Migas

Safrezi Fitra
9 Desember 2014, 18:13
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Pengusaha tidak khawatir jika sektor minyak dan gas bumi (migas) diisi oleh orang-orang yang anti korupsi. Bahkan industri migas sendiri malah mendukung hal ini.

Presiden Indonesian Petroleum Association (IPA) Lukman Mahfoedz mengatakan terpilihnya Amien Sunaryadi sebagai Kepala SKK Migas akan mampu memberi harapan bagi investor. Apalagi Amien sebelumnya menjabat Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

"Investor akan lebih support untuk negara yang bersih dan investor akan happy," katanya di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Selasa (9/12).

Meski demikian, dia mengingatkan keberadaan mantan orang KPK jangan sampai menghambat pengambilan keputusan. Menurutnya keputusan bisnis harus tetap dilakukan jika tidak ada penyelewengan. 

Dia juga mengapresiasi pembentukan Tim Reformasi Tata Kelola Migas. Harapanya, tim yang diketuai oleh Faisal Basri ini dapat memberikan hasil yang terbaik bagi tata kelola migas ke depannya. Sebagai dukungannya, Dalam waktu dekat IPA berharap dapat bertemu dengan tim tersebut guna memberi masukan mengenai industri migas.

Lukman mengaku pihaknya tidak bisa memberikan masukan mengenai praktik mafia di industri migas. Dia hanya bisa memberi masukan mengenai sistem tata kelola migas yang lebih baik. Masukan ini bertujuan agar semua proses di industri migas baik produksi dan tender dilakukan secara transparan.

"Kalau sistemnya transparan mafianya hilang," ujarnya.
 

Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...