Pansel Akan Umumkan Hasil Pemeriksaan Kandidat Dirjen Pajak dari BIN

Safrezi Fitra
18 Desember 2014, 16:02
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Panitia Seleksi (Pansel) Pejabat Eselon I Kementerian Keuangan masih menunggu hasil pemerikasaan rekam jejak kandidat Direktur Jenderal Pajak dari Badan Intelijen Negara (BIN). Rencananya Pansel akan langsung mengumumkannya setelah menerima hasil laporan tersebut.

?Kami akan umumkan hari ini, setelah laporan dari BIN masuk,? ujar Ketua Pansel, yang juga Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo disela-sela acara Kongres XII Ikatan Akutansi Indonesia (IAI), di Jakarta, Kamis (18/12).

Dia mengatakan hasil pemeriksaan dari BIN sangat dibutuhkan, agar Pansel bisa mendapatkan calon Dirjen Pajak yang berintegritas. Bahkan, laporan dari pusat pelaporan dan analisis transaksi keuangan (PPATK) dan komisi pemberantasan korupsi (KPK) dinilai belum cukup untuk melengkapi dokumen penilaian para calon Dirjen Pajak.

Kemampuan memimpin saja tak cukup untuk meningkatkan penerimaan negara. Mardiasmo berharap, dari hasil seleksi ini bisa didapat pemimpin pajak yang berkemampuan dalam perpajakan dan berintegritas. Sebab, dirjen pajak juga harus tegas dan berani melawan mafia pajak.

Peserta yang akan lolos dari seleksi ini merupakan peserta yang tidak memiliki rekam jejak yang buruk. "Tidak ada catatan dari KPK, PPATK dan BIN," ujarnya.

Menurut Mardiasmo, setelah hasil pemeriksaan ini akan peserta seleksi dirjen pajak akan tersaring menjadi lima, dari 11 kandidat yang ada saat ini. Seleksi selanjutnya adalah wawancara oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro pada 19-23 Desember. Hasilnya kemudian diajukan ke Presiden Joko Widodo. 

Sebelas calon yang ada saat ini, sebelumnya telah melewati proses administrasi, uji kelayakan publik dan rekam jejak, penulisan makalah, tes kesehatan, serta assessment center oleh Dimensi Daya Indonesia (DDI). Pekan lalu, para kandidat telah melakukan wawancara dengan tujuh panelis, yang diantaranya terdapat mantan Menteri Keuangan dan mantan Gubernur Indonesia.

Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...