China Merchant Siapkan Investasi Besar untuk Proyek Tol Laut

Image title
Oleh
19 Desember 2014, 10:53
Perdagangan dengan China Melesat Paling Cepat
KATADATA

KATADATA ? China Merchant Group menyatakan kesiapannya berinvestasi besar-besaran untuk mendukung ambisi pemerintah sebagai poros maritim dunia. Komitmen keseriusan ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Cina Xi Jin Ping, di sela pertemuan APEC, November lalu.

?Saya sudah bertemu dengan petinggi China Merchant baru-baru ini. Mereka siap berinvestasi di Indonesia untuk mendukung terwujudnya tol laut,? ujar Sumadi Kusuma, Presiden Global Putra Group, seperti dikutip harian Bisnis Indonesia, Jumat (19/12).

Global Putra merupakan perusahaan pelayaran dan logistik nasional yang telah lama berkongsi dengan raksasa pelayaran dunia asal Cina, yakni China Shipping Container Line dan Cosco. Menurut dia, China Shipping dan Cosco juga menyatakan siap terlibat dalam pembangunan infrastruktur kemaritiman di Indonesia bersama China Merchant. Ketiganya sudah menyiapkan sejumlah dana, tapi belum diketahui berapa total nilainya.

Proyek tol laut yang digagas Jokowi ini nantinya akan terhubung dengan proyek serupa di Cina yang disebut sebagai ?Jalur Sutera Baru?. Sebagian pembiayaan untuk membangun proyek ini berasal dari Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB), sebesar US$ 50 miliar

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...