Seleksi Dirjen Pajak, Pansel Tunggu Masukan KPK

Safrezi Fitra
23 Desember 2014, 11:19
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Pejabat Eselon I Kementerian Keuangan Mardiasmo mengatakan proses seleksi Direktur Jenderal Pajak masih menunggu masukan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hasil masukan ini diperlukan, sebelum nama-nama peserta yang akan lolos seleksi sudah final saat diserahkan kepada Menteri Keuangan.

"Untuk Dirjen Pajak kami minta KPK beri masukan. Karena  pusat pelaporan dan analisis transaksi keuangan (PPATK) sudah memberi masukan, sekarang kami minta masukan KPK," katanya di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Selasa (23/12).

Jumat pekan lalu, Pansel juga sudah menerima hasil pemeriksaan dari Badan Intelijen Negara (BIN) terkait rekam jejak para peserta. hasil pemeriksaan dari BIN sangat dibutuhkan, agar Pansel bisa mendapatkan calon Dirjen Pajak yang berintegritas, tegas dan berani melawan mafia pajak.

Mardiasmo mengatakan bahwa Pansel sudah menyerahkan berkas dari sebelas peserta yang tersisa saat ini kepada KPK, Senin kemarin (22/12). Harapannya KPK dapat memberikan masukannya kepada Pansel dalam dua hari ke depan.

Masukan dari KPK ini dapat memberikan gambaran yang utuh mengenai calon Dirjen Pajak. Apalagi terdapat lima nama dari 11 peserta yang tercatat pernah bermasalah. Lima calon tersebut pernah terindikasi memiliki rekening gendut, hingga berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Setelah mendapat masukan dari KPK peserta seleksi Dirjen Pajak akan tersaring menjadi lima, dari 11 kandidat yang ada saat ini. Seleksi selanjutnya adalah wawancara oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro. Hasilnya kemudian diajukan ke Presiden Joko Widodo.
 

Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...