Empat Nama Calon Kuat Dirjen Pajak

Aria W. Yudhistira
5 Januari 2015, 19:49
kantor-direktorat-jenderal-pajak-ri.jpg
Proses seleksi Dirjen Pajak sudah memasuki babak akhir. Nama calon Dirjen Pajak kini sudah di tangan Presiden Joko Widodo.

KATADATA ? Nama calon Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak sudah di tangan Presiden Joko Widodo. Empat nama disebut sebagai calon paling potensial memimpin otoritas pajak itu.

Menteri Bambang Brodjonegoro mengatakan, saat ini tahap wawancara tujuh calon Dirjen Pajak tersebut sudah selesai. Dia berharap sosok pimpinan otoritas pajak yang terpilih nanti mampu mendorong peningkatan penerimaan negara.

"Sudah tidak ada wawancara lagi, prosesnya sekarang di istana," kata Bambang, Senin (5/1).

Diperkirakan Dirjen Pajak yang baru akan terpilih pada pertengahan bulan ini. 

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo mengatakan, ada empat nama yang menjadi calon kuat sebagai Dirjen Pajak. Keempatnya memiliki latar belakang dan pengalaman yang cukup luas di bidang perpajakan.

?Selain itu karir beberapa figur ini cukup panjang baik di level teknis maupun di kantor pusat,? ujar saat dihubungi Katadata.

Figur senior seperti Ken Dwijugiasteadi dan Sigit Priadi Pramudito dinilai cukup berpengalaman untuk menjabat Dirjen Pajak. Keduanya ini telah bertugas di beberapa kantor wilayah dan kantor pusat sehingga dapat langsung kerja tanpa perlu beradaptasi.

Lebih lanjut Prastowo mengatakan, jika presiden menginginkan figur yang lebih muda, ada Suryo Utomo dan Rida Handanu. Mereka memiliki kemampuan dan kapabilitas yang cukup untuk memimpin Ditjen pajak.

Halaman:
Reporter: Petrus Lelyemin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...