Pemerintah Akan Umumkan Penurunan Harga BBM Akhir Pekan Ini

Safrezi Fitra
14 Januari 2015, 18:17
BBM
Arief Kamaludin|KATADATA
Harga BBM akan ditinjau setiap dua pekan

KATADATA ? Pemerintah akan mengumumkan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium pada Jumat pekan ini (16/1). Penurunan harga ini menyesuaikan harga minyak dunia yang terus merosot.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan pemerintah masih mengkaji berapa besaran penurunan harga yang akan ditetapkan. Dia juga belum bisa menyebut berapa kisaran penurunan harganya.

 "Harga BBM sedang dikaji. Karena penurunan harga minyak dunia begitu tajam, kemungkinan pemerintah akan mengumumkan harga baru. Mungkin hari Jumat akan kami sampaikan," katanya di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta, Rabu (14/1).

Penghujung tahun lalu, pemerintah menetapkan harga Premium bulan ini sebesar Rp 7.600. Penetapan harga ini mengacu pada rata-rata harga minyak pada 25 November 2014 sampai 24 Desember 2014, yang saat itu berada pada kisaran US$ 60 per barel. Saat ini harga minyak dunia sudah di bawah US$ 50 per barel dan masih ada kecenderungan turun lagi.

Menurut Sudirman, penetapan harga yang baru ini akan dilakukan dengan merevisi Peraturan Menteri ESDM Nomor 34 tahun 2014 Tentang Harga Jual Eceran Dan Konsumen Pengguna Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu. Dalam peraturan yang baru, harga BBM dapat ditinjau lebih sering.

Sudirman menyebut, peninjauan harga akan dilakukan setiap dua pekan. Aturan sebelumnya menetapkan harga BBM ditinjau setiap satu bulan sekali, dengan mengacu pada harga satu bulan terakhir. Alasannya, kata dia, jika menunggu akhir bulan, penurunan harganya bisa lebih tajam.

Secara umum, dia mengatakan hanya beberapa poin tersebut yang akan direvisi. Sementara poin-poin lainnya masih tetap sama dengan peraturan sebelumnya.

Pemerintah memang pernah menyebut bahwa harga Premium bakal turun lagi bulan depan. Pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM Naryanto Wagimin menyatakan harga bensin dengan Research Octane Number (RON) 88 tersebut bisa di bawah Rp 7.000 per liter. ?Ya kalau harga minyak turun,? kata dia.

Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...