Investasi Kawasan Industri Rp 192 Triliun

Image title
Oleh
17 Februari 2015, 10:32
Kementerian_Perindustrian_Indonesia.jpg

KATADATA ? Kementerian Perindustrian memastikan investasi tahap awal senilai Rp 192,4 triliun untuk 13 kawasan industri yang akan dibangun di luar Pulau Jawa. Pembangunan kawasan industri yang menjadi salah satu program Quick Wins di kementerian ini, bisa menyerap lebih dari 930.000 tenaga kerja dalam total areal seluas 22.484 hektare.

Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian Imam Haryono mengatakan pengembangan kawasan industri di luar Pulau Jawa mengutamakan industri berbasis sumber daya alam, yang mampu menjadi penggerak utama pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Kawasan industri yang akan dibangun tersebut akan memiliki industri jangkar, sehingga lebih mudah mengundang industri turunan untuk dihadirkan. Guna mendukung pembangunan kawasan industri tersebut, butuh dana penanganan infrastruktur senilai Rp 55,4 triliun. Dana ini akan digunakan untuk membangun bandar, rel kereta api, kelistrikan, pelabuhan, dan sumber daya air.

?Total nilai potensi investasi 13 kawasan industri memang belum bisa dipaparkan, masih terlalu dini. yang jelas anchor industry-nya sudah ada. Sekarang fokus kami adalah mengadakan infrastruktur dasar untuk memenuhi kebutuhan industri,? ujarnya, seperti dikutip harian Bisnis Indonesia, Selasa (17/2).

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...