BI Rate Turun, Sukuk Ritel 007 Laris

Safrezi Fitra
26 Februari 2015, 19:27
saham_obligasi
KATADATA

KATADATA ? Baru tiga hari penawaran, pemerintah telah menyerap dana senilai Rp 15,1 triliun dari sukuk negara ritel seri SR-007. Angka ini sudah mencapai 75,5 persen dari target senilai Rp 20 triliun.

Direktur Pembiayaan Syariah Direktorat Jendral Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Suminto menyebutkan, jumlah investor sudah mencapai 22,3 ribu orang. Dengan nominal pemesanan minimal Rp 5 juta dan maksimal Rp 5 miliar, rata-rata pemesanan mencapai Rp 611 juta.

Advertisement

Tingginya permintaan sukuk ritel dengan kode James Bond ini karena kupon yang ditawarkan sangat menarik bagi investor. Menurut Suminto, kupon yang mencapai 8,25 persen ini menarik minat banyak investor.

Setelah Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunganya (BI Rate) sebesar 0,25 persen, kupon sukuk ini jadi lebih menarik. Selisih dengan rata-rata bunga deposito satu tahun dikisaran 6,99 persen dan tingkat bunga penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) 7,75 persen, cukup lebar.

"Spreadnya kan tinggi. Imbalan yang kami berikan masih lebih menarik, dibanding rata-rata deposito dan LPS Rate," kata dia di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (26/2).

Sukuk negara SR-007 direncanakan terbit pada 11 Maret 2015 dan jatuh tempo pada 11 Maret 2018. Nominal per unitnya sebesar Rp1 juta dengan harga per unit at par. Sementara underlying aset yang akan dijaminkan adalah proyek dalam anggaran negara tahun ini.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement