GM Akan Tutup Pabrik di Indonesia

Image title
Oleh
27 Februari 2015, 10:56
Katadata
KATADATA

KATADATA ? General Motors Co. akan menutup pabriknya di Indonesia. Alasannya, skala ekonomis pabrik yang memproduksi Chevrolet Spin ini tidak tercapai, akibat mahalnya biaya produksi.

Tim Zimmerman, Presiden GM South East Asia, mengatakan penghentian produksi ini lebih disebabkan oleh pertimbangan ekonomi. ?Jadi produksi di pabrik Pondok Ungu akan berakhir pada 30 Juni 2015, dan pada 1 Juli 2015 pabrik resmi ditutup,? ujar Tim seperti dikutip harian Bisnis Indonesia, Jumat (27/2).

Penghentian produksi pabrik yang berlokasi di Pondok Ungu, Bekasi dimulai pada 1 Juli 2015 atau pada semester II-2015. Dengan menghentikan produksi Chevrolet Spin, maka General Motors di Indonesia hanya sebagai distributor produk General Motors, seperti Captiva, Aveo, Trailblazer, dan Orlando.

Menurutnya, penghentian pabrik tersebut akan berdampak besar terhadap nasib 500 karyawan yang selama ini bekerja di pabrik Pondok Ungu. Terkait hal tersebut, General Motors Indonesia yang selama ini mengelola jalannya pabrik akan bertanggung jawab secara penuh terkait masa depan karyawan.

Meski menutup produksi Chevrolet Spin di Indonesia, Tim yakin produk andalan lain General Motors masih jadi pilihan konsumen Indonesia pada beberapa tahun belakangan. Tim juga menegaskan bahwa pasar Indonesia menjanjikan dan tidak menutup kemungkinan bagi GM Co untuk nantinya membuka pabrik lagi di Indonesia.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...