Pacu Adrenalin, Pemerintah Sengaja Pasang Target Tinggi

Image title
Oleh
2 Maret 2015, 11:51
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Menteri koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengakui beberapa target ekonomi pemerintah terasa kurang realistis. Ini sengaja dilakukan agar pemerintah bekerja keras dalam mewujudkan sasaran perekonomian yang lebih progresif, di bawah program Nawacita Presiden Joko Widodo.

Pemerintah telah menetapkan pertumbuhan ekonomi dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) 2015 sebesar 5,7 persen. Sementara Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menargetkan ekspor non migas naik hingga 300 persen dalam lima tahun.

Advertisement

Sofyan sendiri menargetkan angka ekspor sudah harus dapat meningkat sebesar 20 persen tahun ini. Padahal tahun lalu saja, ekspor non migas malah turun 2,6 persen. Bahkan dalam lima tahun tren pertumbuhan ekspor non migas hanya naik rata-rata 1,6 persen.

"Kami pikir harus pasang target tinggi, agar memacu adrenalin," katanya saat ditemui Katadata di kantornya, beberapa waktu lalu.

Sofyan menyebut target ekspor dan perekonomian ini sejalan dengan pengembangan industri manufaktur dan program hilirisasi. Ini dilakukan agar Indonesia tidak lagi mengandalkan ekspor barang mentah seperti saat ini.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement