Cadangan Devisa Cukup, Kemampuan Bayar Utang Masih Baik

Safrezi Fitra
5 Maret 2015, 17:42
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Bank Indonesia (BI) menilai kemampuan membayar utang Indonesia masih baik. Ini terlihat dari cadangan devisa (cadev) yang masih cukup untuk membayar utang dan impor hingga enam bulan.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengakui rasio pembayaran utang terhadap pendapatan (debt to service ratio/DSR) Indonesia meningkat hingga ke level 50 persen. Padahal batas aman DSR bagi negara berkembang di angka 30 persen. Namun, dia meyakini cadangan devisa yang ada saat ini masih mampu membiayai utang tersebut selama enam bulan.

"Kami lihat, debt services ratio ada sedikit meningkat. Namun secara umum, devisa yang dimiliki bisa untuk menutupi lebih daripada 6 bulan kewajiban impor ataupun pembayaran utang yang jatuh tempo," kata Agus di kantornya, Kamis (5/3).

Berdasarkan data BI, posisi cadangan devisa Indonesia akhir Januari 2015 tercatat sebesar US$114,2 miliar, meningkat dari posisi akhir Desember 2014 sebesar US$111,9 miliar. Peningkatan cadangan devisa tersebut berasal dari penerbitan obligasi global (global bonds) Pemerintah, simpanan deposito valuta asing bank-bank di Bank Indonesia, hasil ekspor migas, dan penerimaan dalam valas lainnya.

Cadangan devisa tersebut bisa untuk membiayai 6,8 bulan impor atau 6,6 bulan pembayaran utang luar negeri Pemerintah. Posisi ini berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor. Bank Indonesia menilai level cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

Ekonom DBS Group Research Gundy Cahyadi mengatakan sempat menyebut rupiah bisa menjadi mata uang yang paling rentan di Asia. Kerentanan tersebut didorong oleh tingginya utang luar negeri, baik pemerintah maupun swasta. ?Jadi biasanya kalau ada guncangan di pasar finansial global, rupiah menjadi lebih reaktif,? kata dia saat dihubungi Katadata, Rabu (4/3).

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...