Produksi Minyak Ditargetkan Naik Pertengahan Bulan Ini

Image title
Oleh
12 Maret 2015, 09:55
skk migas.jpg
www.skkmigas.go.id

KATADATA ? Produksi Minyak nasional ditargetkan akan mulai naik pada pertengahan Maret tahun ini. Peningkatan produksi tersebut menyusul mulai beroperasinya proyek baru salah satunya Lapangan Bukit Tua, Blok Ketapang yang digarap oleh Petronas Carigali.

Selain produksi minyak dari Lapangan Bukit Tua akan mulai masuk pada bulan ini, ada juga tambahan produksi dari Blok Cepu yang digarap oleh ExxonMobil Cepu Limited. Puncak produksi Blok Cepu akan terjadi pada bulan September-Oktober tahun 2015 ini. 

"Bukit Tua baru mau masuk. Kemudian, Blok Cepu Maret ini naik dari 40.000 Bph menjadi 70.000 Bph. Setelah ada produksi dari kedua blok ini, pasti naik (produksi nasional)," kata Deputi Pengendalian Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Muliawan, seperti dikutip harian Investor Daily, Kamis (12/3).

Dia menyebut saat ini produksi minyak masih terbilang cukup rendah, hanya di kisaran 790.000 barel per hari (Bph). Angka ini lebih rendah dari realisasi produksi minyak tahun lalu yang tercatat sebesar 794,25 Bph.

Penurunan produksi disebabkan oleh adanya laju penurunan produksi secara alamiah. Selain itu, sampai saat ini belum ada proyek migas baru yang beroperasi. Namun, dia optimis produksi minyak nasional akan mulai merangkak naik pada bulan ini. 

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...