Pertamina Usulkan Masa Transisi Dalam Pengelolaan Blok Mahakam

Safrezi Fitra
13 Maret 2015, 17:32
Pertamina - KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) mengusulkan adanya masa transisi dalam pengelolaan Blok Mahakam. Usulan ini sudah disampaikan kepada pemerintah beserta proposal pengelolaan blok migas tersebut. 

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan masa transisi tersebut diperlukan untuk menjaga produksi. "Pertamina mengajukan masa transisi, dan itu perlu untuk menjaga agar kegiatan operasional tidak terganggu dan produksi dapat dijaga," kata dia kepada Katadata Kamis sore (12/3).

Namun dia belum mengetahui kapan proses transisi itu akan dilaksanakan. Dia juga belum bisa mengatakan seperti apa skema yang dilakukan selama masa transisi tersebut.

Kepala Unit Pengendalian Kinerja Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Widhyawan Prawiraatmadja juga mengatakan perlu ada masa transisi saat Pertamina mengambil alih saham Blok Mahakam. Masa transisi ini dianggap penting, mengingat ada beberapa kontrak dengan para kontraktor lama dan masalah sumber daya manusia.

"Transisi untuk memastikan alih kelola yang berkesinambungan," kata dia ketika dihubungi Katadata, Jumat (13/3).

Widhyawan menyebut, idealnya masa transisi tersebut dilakukan pada 2008 atau 2009. Ini dilakukan agar ketika kontrak berakhir pada 2017, pengambilalihan tersebut dapat berjalan lancar.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...