10 Proyek Kerja Sama Pemerintah-Swasta Siap Dilelang

Safrezi Fitra
30 Maret 2015, 19:29
Tol JORR W2 Kebon Jeruk-Ulujami
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA ? Pemerintah memastikan sekitar 10 proyek infrastruktur akan dilelang tahun ini. Proyek infrastruktur ini merupakan bagian dari 50 proyek kerja sama pemerintah dan swasta (KPS) yang akan ditenderkan hingga 2019.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) berharap pihak swasta tertarik untuk masuk dalam proyek ini.

Advertisement

Direktur Kerjasama Pemerintah dan Swasta (KPS) Bappenas Bastary Pandji Indra mengaku belum mengetahui rincian dari 10 proyek tersebut. Dia hanya menyebut beberapa diantaranya adalah jalan tol Pasir Koja-Soreang senilai Rp 700 miliar, pengolahan sampah di Batam, dan juga proyek kerera api di Sumatera senilai Rp 30 triliun.

"Ada lagi proyek yang masih evaluasi seperti sistem penyediaan air minum Lamongan dan juga Pondok Gede," kata Bastary di Hotel Aryaduta, Jakarta, Senin (30/3).

Menurut Bastary, beberapa proyek diantaranya sebenarnya sudah pernah ditawarkan kepada swasta. Namun, proyek-proyek tersebut tidak begitu diminati oleh investor, karena dianggap masih belum jelas.

Makanya ada beberapa proyek KPS yang kemudian dikaji kembali dan proses lelangnya diulang. Salah satu contohnya adalah Monorel Bandung yang nilai investasinya Rp 10 triliun. Mulai tahun ini, kata Bastary, pemerintah harus segera menyelesaikan proyek yang sudah direncanakan tersebut. Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar seluruh proyek tersebut bisa berjalan cepat.

Bastary menyebut perlu adanya dukungan dan koordinasi dari semua kementerian teknis bisa meyakinkan investor berminat pada proyek-proyek tersebut. Mengenai keputusan dan kepastian proses lelang 10 proyek KPS ini sudah ada di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Untuk menunjang lelang 10 proyek ini, pemerintah akan meluncurkan buku tentang KPS  yang diunggulkan  tahun ini (Public-Private Partnership/PPP Book 2015). "Masih ada beberapa evaluasi, tapi kami pastikan PPP Book 2015 akan keluar," kata Bastary.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement