Cadangan Minyak Nasional Berkurang, Hanya Cukup untuk 17 Hari

Aria W. Yudhistira
31 Maret 2015, 19:02
Katadata
KATADATA
Kilang Balongan milik Pertamina.

KATADATA ? Cadangan minyak nasional turun. Berdasarkan catatan PT Pertamina (Persero), cadangan minyak nasional pada saat ini hanya cukup untuk 17 hari. Persediaan ini turun dari sebelumnya yang bisa memenuhi kebutuhan selama 18 hari sampai 20 hari.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, berkurangnya cadangan minyak tersebut karena adanya penurunan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar. Dengan alasan tersebut, Pertamina tidak melakukan penambahan cadangan minyak nasional.

Advertisement

Saat ini, konsumsi solar hanya 34 ribu kilo liter (kl) per hari, turun dari konsumsi pada Desember 2014 yang mencapai 46 ribu kl per hari.

PT. Pertamina (Persero) mencatat cadangan minyak nasional saat ini hanya 17 hari. Angka ini lebih kecil dari sebelumnya yang mencukupi 18 sampai 20 hari. ?Kami lihat justru konsumsinya turun. Jadi kalau kami tambah cadangan, alasan apa yang menjadi justifikasi,? kata dia di Kemeneterian ESDM, Jakarta, Selasa (31/3).

Penurunan konsumsi solar tersebut dipengaruhi perubahan mekanisme pemberian subsidi BBM menjadi subsidi tetap. Mekanisme tersebut membuat selisih harga solar dengan harga BBM yang tidak disubsidi menjadi kecil.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement