Pelabuhan Cilamaya Murni Dibiayai Swasta

Image title
Oleh
31 Maret 2015, 11:26
pelabuhan peti kemas
Agung Samosir|Katadata

KATADATA ? Kementerian Perhubungan terus mendorong pembangunan Pelabuhan Cilamaya, Karawang, Jawa Barat. Proyek ini sepenuhnya dibiayai oleh swasta. Pemerintah tidak perlu lagi menggunakan anggaran negara untuk penggarapan prasarana sandar kapal dan bongkar muat.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata mengatakan pihaknya memang menganjurkan pembangunan Pelabuhan Cilamaya bersumber dari swasta. Pihak swasta yang berminat juga harus mempertimbangkan dengan matang proyek tersebut, agar tidak mengganggu aktivitas eksplorasi pengeboran minyak dan gas (migas) dan lahan pertanian produktif di sekitarnya.

Advertisement

?Dari foto lokasi, saat ini hanya diketahui dua anjungan pengeboran lepas pantai dan daerah alur laut di sekitarnya masih kosong,? ujarnya, seperti dikutip harian Investor Daily, Selasa (31/3).

Menurut dia, Rencana pembangunan pelabuhan ini adalah bagian dari program penurunan biaya logistik nasional dalam jangka panjang. Ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Pembangunan Pelabuhan Cilamaya bukan proyek Kementerian Perhubungan, tapi inisiatif yang dimotori oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Koordinasi pelaksanaannya juga melibatkan sejumlah kementerian, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, PT Pertamina (Persero), dan dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, pada kabinet sebelumnya.  

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement