BRI Siap Berbagi Satelit dengan Bank BUMN Lain

Aria W. Yudhistira
6 April 2015, 17:00
Katadata
KATADATA
BRI siap berbagi manfaat dalam penggunaan satelit yang dimilikinya dengan bank BUMN lain.

KATADATA ? PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menyatakan siap berbagi manfaat penggunaan satelit yang dimilikinya untuk kegiatan transaksi perbankan pelat merah lainnya. Berbagi manfaat ini sebagai upaya efisiensi dan persiapan konsolidasi perbankan badan usaha milik negara (BUMN).

Direktur Utama BRI Asmawi Syam menuturkan, perseroan akan mengikuti rencana pemerintah sebagai pemegang saham mayoritas. ?Kalau untuk efisiensi nasional, kan pemiliknya sama (pemerintah). Tinggal kami lihat seperti apa? Di mana bisa kami koneksikan?? kata dia seusai rapat kerja dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Senin (6/4).

Saat ini perkembangan pemasangan satelit sudah selesai 50 persen dan akan mulai diaktifkan pada Juli 2016. Menurut Asmawi, penggunaan satelit akan memudahkan perseroan dalam menjalankan program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Terutama, untuk menjaring nasabah yang ada di kawasan pedesaan.

?Di Wamena, transaksinya (Laku Pandai) kan luar biasa. Semua sistem pembayaran akan dilayani teknologi satelit. Harapan kami 2015 menjadi ?the biggest national bank?. Jangan dilihat uangnya tapi transaksinya,? ujarnya.

Komisi XI DPR yang membidangi keuangan dan perbankan mengapresiasi BRI yang berinvestasi di bidang satelit. Anggota Komisi XI Abdul Kharis Almasyhari berharap, pemanfaatan satelit dapat mendorong kegiatan transaksi perbankan di pedesaan serta meningkatkan penyaluran kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Ketua Komisi XI Fadel Muhammad menambahkan, BRI dapat mengoptimalisasikan sistem pengamanan dalam program Laku Pandai ini. ?Termasuk mengembangkan teknologi perbankan,? ujar dia.

Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...