Jual BBM Jenis Baru, Pertamina Belum Izin Menteri ESDM

Aria W. Yudhistira
17 April 2015, 18:50
Katadata
KATADATA
Menteri ESDM Sudirman Said.

KATADATA ? Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said belum menerima surat permohonan izin dari PT Pertamina (Persero) terkait rencana penjualan produk bahan bakar minyak (BBM) baru.

Dia mengatakan, sampai saat ini pembicaraan mengenai rencana penjualan produk BBM dengan kadar oktan 90 itu masih sebatas informal. ?Formalitas masih kami tunggu. Mereka (Pertamina) belum mengajukan surat,? kata Sudirman di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (17/4).

Advertisement

Meski belum mendapat surat permohonan izin, Menteri ESDM mendukung langkah Pertamina meluncurkan BBM baru dengan nama pertalite tersebut. Dengan adanya produk baru, konsumsi premium diharapkan bisa semakin berkurang.

Langkah ini pun sesuai dengan rekomendasi Tim Reformasi Tata Kelola Migas yang ingin menghapus BBM berkadar oktan 88 tersebut. Sudirman menilai penghapusan Premium merupakan langkah baik mengingat Premium bukan produk yang ramah lingkungan.

Selain itu, penghapusan premium juga dapat menghindari kecurigaan masyarakat yang menuding tata kelola BBM berkadar oktan 88 dipermainkan oleh mafia migas. Ini karena sudah tidak ada lagi negara yang memproduksi BBM berkadar oktan 88.

?Mengandung kecurigaan seolah-olah itu dibuat spesifik spek khusus supaya hanya pemasok tertentu yang bisa. Pelan-pelan diarahkan supaya sumber pasokan itu yang ada di pasar internasional sehingga bisa dibandingkan,? ujar dia.

Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement