Proyek Terakhir Total Dimulai Pekan Depan

Image title
Oleh
17 April 2015, 09:33
Katadata
KATADATA | www.skkmigas.go.id

KATADATA ? Total E&P Indonesie menyatakan segera memulai pengeboran sumur South Mahakam fase 3 East Mandu di Blok Mahakam, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Proyek terakhir Total di Blok Mahakam ini akan dimulai pekan depan atau April pekan ketiga. "Pekan depan sudah masuk tahap drilling," kata Perwakilan Project Management Team South Mahakam III, Wirajaya, seperti dikutip Koran Tempo, Jumat (17/4). 

Wirajaya menerangkan, pihaknya mula-mula akan menginstal platform pengeboran di area yang terhubung dengan tujuh sumur migas lainnya. Selanjutnya, akan ditelusuri lagi sumur- sumur mana saja yang masih berpotensi. "Kemungkinan bisa mulai dipanen September nanti," katanya.

Advertisement

Project Manager South Mahakam III, Alfie Hujiansyah, mengungkapkan, nilai investasi untuk platform East Mandu ini mencapai US$ 180 juta. Angka itu belum termasuk untuk instalasi pengeboran serta eksploitasi gas. "Tapi nilai sebesar ini masuk akal karena perkiraan potensi gasnya mencapai 80 juta kaki kubik standar (MMSCFD)," katanya.

Total E&P memastikan platform East Mandu menjadi proyek terakhir perusahaan migas asal Prancis ini di Blok Mahakam. Direncanakan tujuh sumur produksi gas akan dibor di area South Mahakam fase 3 dengan kapasitas terpasang total sebesar 120 MMSCFD. 

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement