Studi Tanggul Laut Raksasa Dilanjutkan

Safrezi Fitra
17 April 2015, 18:49
Katadata
KATADATA
Proyek tanggul laut raksasa DKI Jakarta

KATADATA ? Pemerintah memastikan akan melanjutkan studi pembangunan tanggul laut raksasa. Studi pembangunan The National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) ini akan tetap dibantu oleh Belanda dari segi konsep dan teknologi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya telah menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Belanda Melanie Schultz van Haegen, tentang kelanjutan konsep NCICD tahap B dan C.

Penandatanganan MoU ini dilakukan di sela-sela perjalanan dinasnya ke Korea Selatan pada awal minggu ini. Belanda juga dipastikan akan membantu Indonesia dalam hal pembentukan badan khusus yang mengatur dan melaksanakan pembiayaan NCICD.

?Jadi Belanda tetap ingin kami meneruskan program NCICD terutama tahap B dan C di luar A,? kata Basuki saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (17/4). Adapun pembangunan tanggul laut tahap A telah dimulai pada tahun lalu.

Mega proyek ini terdiri dari tiga tahapan besar, yaitu tahap A berupa reklamasi 17 pulau serta peninggian tanggul di Sunda Kelapa. Tahap B berupa pembangunan awal konstruksi tanggul. Kemudian tahap C yakni pembangunan Giant Sea Wall. Adapun untuk tahap akhir, pemerintah pusat, melalui Kementerian Pekerjaan Umum ikut berpartisipasi. 

Selain dengan Belanda, Basuki menandatangani kerjasama dengan Badan Kerjasama Internasional Korea Selatan, yakni Korean International Cooperation Agency (KOICA) terkait kelanjutan NCICD tahap B dan C.

KOICA akan membantu pemerintah untuk memberikan data-data detail dalam menunjang pembangunan proyek yang sering disebut Giant Sea Wall ini. Pemerintah berharap studi NCICD tahap B dan C akan segera dimulai tahun ini.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...