Tol Trans Jawa Akan Beroperasi 2018

Safrezi Fitra
17 April 2015, 11:02
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Pemerintah menargetkan pembangunan jalan tol Trans Jawa sepanjang 806 kilometer, akan selesai dan mulai beroperasi pada 2018. Tol ini akan menghubungkan menghubungkan Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

?Saat ini prioritas pertama program Trans Jawa (yakni) Surabaya-Jakarta (akan selesai) 2018,? ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Achmad Gani Ghazali di Jakarta, Kamis (16/4).

Advertisement

Dia mengatakan rencananya tol Trans Jawa ini akan menghubungkan Merak hingga Banyuwangi. Namun, saat ini pemerintah membagi pembangunannya menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah menghubungkan Jakarta hingga Surabaya. Tahap keduanya menghubungkan Merak hingga Banyuwangi, yang akan dikerjakan setelah tahap pertama selesai.

Untuk tahap pertama, sebagian ruas jalan tol Trans Jawa ini memang sudah beroperasi, tapi belum seluruhnya terhubung. Beberapa ruas tol yang sudah beroperasi tersebut diantaranya dari Merak-Jakarta-Cikampek dan Palimanan-Kanci-Pejagan.

Pembangunan tahap pertama memprioritaskan sembilan ruas tol sepanjang 615 kilometer dengan investasi Rp 51,41 triliun. Ruas tol tersebut adalah Cikampek-Palimanan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Mojokerto-Jombang-Kertosono, dan Mojokerto-Surabaya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement