Ekspor Mobil, LCGC Masih Mendominasi

Image title
Oleh
20 April 2015, 09:36
LCGC
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA ? Ekspor mobil Indonesia masih ditopang produk mobil berkapasitas mesin 1.000cc-1.500cc dengan niloai ekspor sepanjang kuartal I/2015 mencapai US$ 158,1 juta yang dikirim ke 34 negara.

Dikutip dari Bisnis Indonesia, Senin (20/4), mobil jenis tersebut, menurut Badan Pusat Statistik didominasi produk yang mengikuti program low cost green car (LCGC). Sejauh ini, produk mobil kategori tersebut laris terjual di pasar Asia Tenggara.

Tujuan ekspor utama yakni Filipina yang mencatatkan nilai ekspor mobil kategori tersebut sepanjang kuartal pertama tahun ini mencapai US$ 47,4 juta. Pasar terbesar kedua adalah Malaysia dengan catatan ekspor senilai US$ 10,7 juta.

Sementara itu, mobil buatan pabrik dalam negeri yang juga paling laris di pasar global adalah jenis sedan/wagor berkapasitas mesin 1.000-1.500cc. Pasar terbesar mobil tersebut berada di kawasan Timur Tengah.

Hingga Maret tahun ini, Saudi Arabia masih menempati posisi teratas sebagai sasaran ekspor produk jenis tersebut dengan nilai ekspor mencapai US$ 70,5 juta.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...