JK: Hubungan dengan IMF, ADB, dan Bank Dunia Tetap Terjaga

Image title
Oleh
24 April 2015, 10:18
Jusuf Kalla
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA ? Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan pemerintah akan tetap menjalin hubungan dengan Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Dunia, dan Bank Pembangunan Asia (ADB). Pernyataan itu disebutkan untuk membantah anggapan bahwa Indonesia akan memutus hubungan dengan ketiga lembaga kreditor internasional tersebut. 

"Presiden hanya mengatakan jangan bergantung pada tiga bank itu," katanya setelah pertemuan bilateral dengan beberapa negara dalam acara Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia-Afrika di Jakarta seperti dikutip Koran Tempo, Jumat (24/4). 

Anggapan itu menyusul pidato Presiden Joko Widodo pada Rabu lalu yang menyatakan penyelesaian masalah ekonomi suatu negara dengan menggandeng Bank Dunia, IMF, dan ADB adalah cara usang. 

Direktur Jenderal Wilayah Asia-Afrika Kementerian Luar Negeri, Yuri O. Thamrin, memperkirakan kebutuhan dana untuk membangun infrastruktur di kawasan Asia-Pasifik mencapai US$ 8 triliun. Jumlah tersebut tak bisa ditalangi oleh Bank Dunia, IMF, dan ADB yang hanya mampu menyediakan dana ratusan miliar dolar AS per tahun. Karena itu, AIIB yang digagas oleh Cina dapat menjadi solusi tepat. 

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...