Pertamina Bidik Blok Gas Total

Image title
Oleh
24 April 2015, 09:21
Katadata
KATADATA

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) tak hanya mengincar blok  minyak untuk opsi swap Blok Mahakam dengan Total E & P Indonesie, perusahaan pelat merah itu juga membidik blok gas karena produksi dalam negeri yang kian berkurang.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan telah ada pembicaraan terkait opsi pertukaran (swap) Blok Mahakam dan blok migas luar negeri yang akan dimiliki Total. Kendati belum ada kesepakatan dan belum mengkaji blok yang dimiliki Total, Pertamina telah memiliki gambaran blok migas seperti apa yang mereka incar.
"Belum [kajian blok migas yang dimiliki Total], tapi secara kasar, kami sudah punya bayangan," katanya seperti dikutip Bisnis Indonesia, Jumat (24/4).

Dia menjelaskan awalnya Pertamina mengincar blok minyak di luar negeri yang dimiliki perusahaan asal Prancis itu. Namun, saat ini perseroan juga membidik blok gas.

Pertamina beralasan saat ini Indonesia belum mengimpor gas, tetapi dalam beberapa tahun ke depan impor diperlukan seiring dengan pertumbuhan konsumsi yang berbanding terbalik dengan penurunan produksi.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...