Pemerintah Siapkan APBN Alternatif

Image title
Oleh
28 April 2015, 08:15
Kementerian Keuangan
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA ? Pemerintah tengah menyiapkan strategi antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya realisasi di bawah target (shortfall) atas penerimaan pajak yang tahun ini ditetapkan sebesar Rp 1.294,2 triliun atau naik 30 persen dibandingkan realisasi tahun lalu. Langkah ini dilakukan karena hingga kuartal I-2015, realisasi penerimaan pajak baru mencapai Rp 198,2 miliar atau 15,3 persen dari target.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Perekonomian Boby Hamzar Rafinus menyatakan idealnya realisasi penerimaan pajak tahun ini minimal tumbuh 15 persen dari tahun lalu guna mendukung target belanja modal (infrastruktur) sebesar Rp 290,3 triliun. Namun semua itu tergantung upaya intensifikasi yang dilakukan dan jika tidak tercapai, pemerintah akan melakukan skenario B.

"Belum ada skenario B yang definitif, masih dikaji secara keseluruhan baik penerimaan, belanja, dan pembiayaan. Belanja infrastruktur maupun belanja kementerian dan lembaga (K/L) kami kaji kemungkinan realisasinya," ujar Bobby seperti dikutip Investor Daily, Selasa (28/4).

Ia menambahkan pemerintah sudah memperhitungkan adanya potensi shortfall penerimaan pajak. Oleh karena itu, penyusunan APBN-Perubahan 2015 sebagai kerangka kerja didesain fleksibel terhadap perkembangan yang ada. "Termasuk terkait kemungkinan penerimaan (pajak) yang turun dari rencana semula," kata dia.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...