Proyek Percontohan Nuklir Siap Jalan

Image title
Oleh
28 April 2015, 08:56
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) sangat serius dalam menggelar proyek percontohan pemanfaatan energi nuklir atau reaktor daya nonkomersial (RDNK) dengan kapasitas setrum mencapai 30 megawawatt (MW) di Serpong, Banten. Proyek ini akan mulai beroperasi 2020 mendatang.

Sebelumnya, akhir pekan lalu BATAN merilis NUKEM Technologies GmbH, sebagai pemenang tender konseptual desain alias pre desain senilai Rp 50 miliar. Anak usaha perusahaan asal Rusia, Rosatom itu mengajak PT Rekayasa Engineering Indonesia dan PT Kogas Driyap Konsultan untuk membuat desain (RDNK) dengan kapasitas terpasang 30 megawatt (MW).

Kepala BATAN Djarot Sulistio mengatakan pihaknya menargetkan pada awal tahun 2016 mendatang sudah bisa menggelar tender konstruksi proyek RDNK tesebut. Dengan demikian bisa comissioning atau menghasilkan setrum pada 2020 mendatang.

"NUKEM sudah memenangkan tender pre desain dan akan membuat dokumen desain, sedangkan tender konstruksinya akan kami lakukan setelah mereka menyelesaikan dokumen pada Desember 2015," kata dia seperti dikutip Kontan, Selasa (28/4).

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...