Proyek PLTU Batang Ditargetkan Siap dalam Sebulan

Aria W. Yudhistira
12 Mei 2015, 18:29
Katadata
KATADATA
Petugas sedang melakukan perawatan PLTU Priok Blok 3. PLTU berkapasitas 2x590 MW itu merupakan pemasok listrik untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

KATADATA ? Pemerintah mempercepat peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Batang, Jawa Tengah. Diperkirakan masa persiapan proyek tersebut hanya memakan waktu satu bulan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan, masalah pengadaan lahan untuk PLTU dengan kapasitas 2x1.000 mega watt (MW) tersebut sudah selesai, groundbreaking bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Advertisement

?Mudah-mudahan groundbreaking segera. Lahan sudah selesai,? kata dia di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (12/5).

Menurut dia, proyek itu sempat terhambat selama empat tahun karena proses pembebasan lahan yang tidak selesai. Pemerintah akhirnya menggunakan Undang-Undang (UU) Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum untuk melakukan pembebasan lahan secara paksa.

?Saya mau ucapkan terima kasih ke Menteri  ESDM, Jaksa Agung. Jaksa agung berikan fatwa legal opinion kemudian menyiapkan lima pengacara negara,? ujar dia.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement