Harga Minyak Turun, Investasi Hulu Migas Berkurang Rp 2,7 Triliun

Safrezi Fitra
20 Mei 2015, 19:08
SKK MIgas
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA ? Rendahnya harga minyak dunia membuat para kontraktor minyak dan gas bumi (migas) memangkas investasinya tahun ini. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) mencatat nilai investasi hulu migas tahun ini berkurang US$ 210 juta atau sekitar Rp 2,73 triliun, dari rencana awal.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Migas (SKK Migas) Amien Sunaryadi mengatakan kontraktor migas merevisi rencana kerja dan anggarannya (work plan and budget) tahun ini. Revisi ini membuat nilai investasi hulu migas tahun ini berkurang 16,4 persen. "Revisi work plan and budget ini belum selesai. Tapi untuk angka sementara tahun 2015 rencana investasi eksplorasi hasilnya senilai US$ 1,28 miliar direvisi jadi US$ 1,07 miliar," kata dia di Jakarta Conventional Center, Jakarta, Rabu (20/5).

(Baca: Rencana Bisnis Direvisi, Penerimaan Migas Bisa Turun)

Dengan adanya revisi tersebut, kegiatan eksplorasi sumur migas pun berkurang. Awalnya jumlah sumur migas yang akan dieksplorasi tahun ini mencapai 205 sumur, kemudian berkurang menjadi hanya 149 sumur. Salah satunya PT Pertamina (Persero) yang menutup 100 sumur eksplorasinya.

Kepala Divisi Pengendalian Program dan Anggaran Bidang Pengendalian Perencanaan SKK Migas Benny Lubiantara mengatakan pengurangan investasi dan kegiatan eksplorasi ini tidak mengurangi target lifting tahun ini. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015, lifting minyak tahun ini ditargetkan sebesar 825.000 barel per hari (bph).

Menurut dia dengan adanya revisi rencana kerja ini, produksi juga mengalami penurunan dari angka sebelumnya yakni 849.000 bph menjadi 825.000 bph. "Jadi sama dengan target APBN-P, relatif tidak bergerak," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...