Pemerintah Incar Minyak Mentah dari Iran

Image title
Oleh
25 Mei 2015, 08:23
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Pemerintah tengah menjajaki kemungkinan untuk membeli minyak mentah langsung dari Iran. Hal ini menjadi salah satu agenda dalam kunjungan kerja yang dilakukan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said bersama Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan A Djalil ke Republik Islam Iran.

Kunjungan kerja ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan bilateral antara Presiden Republik Indonesia dengan Presiden Republik Islam Iran di Konferensi Asia Afrika (KAA) 23 April 2015.

"Salah satu pokok diskusi dalam pertemuan bilateral Presiden RI dengan Presiden Iran saat KAA lalu adalah kerja sama energi," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM Dadan Kusdiana seperti dikutip Investor Daily, Senin (25/5).

Disebutkan bahwa Menteri ESDM telah bertemu dengan Menteri Perminyakan Iran Bijan Namdar Zangeneh dan menyepakati dua hal penting pada 23 Mei. Kesepakatan pertama yaitu pembelian crude oil dari Iran untuk Indonesia dan kedua membuka kesempatan kepada pihak Indonesia untuk terlibat dalam bisnis hulu migas di Iran.

"Dua kesepakatan tersebut, merupakan bukti konkret untuk kerja sama Selatan-Selatan dan juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan kedua pemimpin di sela-sela KAA," ujarnya.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...