Tidak Semua Data Blok Migas Bisa Dibuka

Safrezi Fitra
1 Juni 2015, 15:24
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja mendukung usulan Komite Eksplorasi untuk membuka data di Blok Migas. Terbukanya data tersebut, akan memudahkan investor yang akan berinvestasi di Indonesia.

"Ketika wilayah ditawarkan, penawar nantinya sudah benar-benar tahu, kemudian akan lebih serius lagi. Selama ini datanya kami belum terlalu lengkap," kata dia pekan lalu.

Advertisement

Meski mendukung usulan tersebut, Wiratmaja mengaku tidak semua data harus dibuka ke publik. Ada data-data penting yang masih perlu dirahasiakan. Beberapa data blok migas yang bisa dibuka hanya data geologi dan seismik.

Dia tidak menyebutkan data apa saja yang masih harus dirahasiakan. "Ada data-data yang dirahasiakan. Yang mana boleh dan yang mana tidak," ujar dia.

Wiratmaja juga belum mau berkomentar apakah pihaknya akan merevisi Peraturan Menteri ESDM Nomor 27 Tahun 2006 tentang pengelolaan dan pemanfaatan data yang diperoleh dari survei umum, eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi.

 Bisa saja aturan tersebut direvisi, atau akan ada aturan baru mengenai eksplorasi. Semuanya itu akan diserahkan kepada Tim Eksplorasi yang dipimpin Andang Bachtiar.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement