Dua Menko Minta Tambahan Anggaran 2016

Safrezi Fitra
10 Juni 2015, 15:38
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Dua kementerian koordinator meminta tambahan pagu indikatif atau patokan batas atas maksimal anggaran tahun depan. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian meminta tambahan pagu indikatif Rp 50 miliar dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman meminta Rp 130 miliar.

Dua kementerian tersebut sedang mengajukan tambahan dana ini kepada Kementerian Keuangan, dan saat ini sedang meminta dukungan dari Badan Anggaran (Banggar) DPR. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan pagu indikatif yang diberikan kepada kementeriannya sebesar Rp 304 miliar pada tahun depan. Angka ini lebih rendah dibandingkan yang didapat pada tahun ini senilai Rp 326 miliar. Berdasarkan perhitungannya, akan ada kekurangan dana sebesar Rp 61 miliar untuk memenuhi program yang direncanakan.

Dia menyebut ada beberapa sasaran yang hendak dicapai oleh kementeriannya. Sasaran tersebut diantaranya koordinasi yang efektif dalam hal ekonomi makro dan keuangan, serta dalam hal pangan dan pertanian.

Kementerian Perekonomian juga akan memperkuat kewirausahaan dan daya saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Koordinasi di bidang infrastruktur dan kerja sama internasional, serta meningkatkan kerja sama tata kelola organisasi pemerintah.

Tambahan anggaran ini juga akan digunakan untuk meningkatkan efektifitas pegawai. Dia menyebut banyak kementerian yang mengeluhkan kondisi ruang kerjanya. Sofyan tidak berniat menambah kantor, tapi hanya melakukan perbaikan.

?Kami mohon dukungan dari pimpinan dan anggota Banggar tentang dukungan Pagu 2016 yang kami akan bicara lagi dengan Menteri Keuangan (Bambang Brodjonegoro),? kata dia kepada Badan Anggaran (Banggar) DPR di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Rabu (10/6).

Hal senada diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo. Dengan tambahan sebesar Rp 130 miliar, pagu indikatif kementeriannya bisa menjadi Rp 255 miliar pada 2016.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...