Presiden: Reshuffle untuk Dorong Kinerja Pemerintah

Aria W. Yudhistira
14 Agustus 2015, 11:53
Katadata
KATADATA
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan di hadapan sidang paripurna MPR, Jakarta, Jumat (14/8).

KATADATA ? Presiden Joko Widodo menyampaikan, perombakan kabinet yang baru saja dilakukannya bertujuan untuk meningkatkan kinerja pemerintah. Dengan begitu, target pemerintah untuk melakukan percepatan pembangunan bisa terwujud.

?Pemerintah melakukan transformasi fundamental ekonomi dan mengubah paradigma pembangunan dari yang bersifat konsumtif ke produktif,? kata Presiden dalam sidang paripurna MPR di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (14/8).

Dia menyebutkan, ada beberapa fokus yang dilakukan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, seperti pembangunan infrastruktur jalan tol, kereta api, pelabuhan, waduk, hingga pembangkit listrik. Pemerintah pun berupaya mendorong berkembangnya ekonomi kreatif.

?Pemerintah juga mengalihkan subsidi BBM ke sektor-sektor produktif dan jaring pengaman sosial,? ujar Presiden.

?Kini pemerintah sedang membagikan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Keluarga Sejahtera, dan Asistensi Sosial untuk Penyandang Disabilitas Berat.?

Kendarti begitu, dirinya mengakui, banyak persoalan yang belum terselesaikan. Mulai dari belum stabilnya harga pangan, kesenjangan kaya dan miskin dan antarwilayah, praktik korupsi, dan penegakkan hukum yang belum sepenuhnya kokoh. 

Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...