AKR Corporindo Siap Sediakan Cadangan Penyangga Energi Nasional

Safrezi Fitra
24 Agustus 2015, 10:57
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Pemerintah berencana mewajibkan pelaku usaha distribusi migas menyediakan cadangan penyangga energi nasional di luar cadangan operasionalnya. PT AKR Corporindo Tbk. mendukung kebijakan untuk meningkatkan ketahanan energi nasional ini.

Direktur Utama AKR Corporindo Haryanto Adikoesoemo mengatakan pihaknya juga menyatakan kesiapannya jika kebijakan ini benar-benar diberlakukan oleh pemerintah. "Kalau harus meningkatkan cadangan nasional, kami siap. Storage (fasilitas penyimpanan) sudah siap," kata dia di Gresik, kemarin.

Menurut Haryanto, hingga saat ini AKR telah memiliki cadangan operasional yang bisa mencukupi tiga sampai empat minggu. Namun, dia tidak menyebutkan kesiapannya ini apakah dengan menggunakan storage yang lain atau dengan mengurangi cadangan operasionalnya.

Tahun ini AKR mendapatkan kuota penyaluran bahan bakar minyak (BBM) dari pemerintah sebesar 2,3 juta kilo liter. Realisasinya hingga delapan bulan tahun ini belum mencapai setengahnya, yakni hanya sekitar 1,1 juta kilo liter.

Direktur BBM Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Hendry Ahmad mengatakan pihaknya sedang melakukan kajian mengenai aturan yang mewajibkan badan usaha penyalur migas menyediakan cadangan penyangga nasional. Aturan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah cadangan BBM nasional.  Saat ini cadangan energi nasional baru bisa mencapai 22 hari. Dengan aturan ini setidaknya cadangan tersebut bisa mengingkat menjadi 30 hari.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...