Pemerintah Siapkan Lahan untuk Bangun 4 Kilang Minyak Baru

Safrezi Fitra
11 September 2015, 12:22
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Pemerintah berencana membangun empat kilang di dalam negeri mulai tahun depan. Untuk merealisasikan rencana ini, pemerintah akan menyiapkan lahan untuk kilang tersebut di empat lokasi berbeda.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan kilang berkapasitas total 668 ribu barel per hari ini akan dibangun di Bontang (Kalimantan Timur), Jawa Timur, Jawa Barat, dan Aceh. Sedangkan total investasi untuk empat kilang dan fasilitas pengolahan produk turunannya dalam 10 tahun, mencapai US$ 23,6 miliar.

Advertisement

Untuk menjamin penyediaan lahan kilang tersebut, pemerintah akan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) pelaksanaan pembangunan kilang minyak dalam negeri. Perpres yang akan diterbitkan bulan ini, merupakan bagian dari paket kebijakan ekonomi pemerintah.

Perpres ini bertujuan untuk menjamin ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) dalam negeri dengan harga murah. Dalam perpres ini pemerintah menugaskan pembangunan kilang minyak termasuk produk turunannya kepada Pertamina, yang didukung anggaran negara.

Dalam perpres ini, kata Wiratmaja, pembangunan kilang menggunakan skema kerjasama pemerintah dan swasta (KPS). Pertamina akan bertindak sebagai offtaker atau pihak yang membeli minyak dari hasil kilang dan produk turunannya.

Agar swasta tertarik, pemerintah juga akan memberikan insentif pajak seperti tax holiday, tax allowance, serta pembebasan Pajak Pertambahan Nilai dan bea masuk. "Sudah banyak negara dan perusahaan besar yang meminta dan sudah mengirim surat kepada Kementerian ESDM, bahkan Presiden," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait,
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement