Jadi Offtaker, Pertamina Minta Saham di Kilang Swasta

Safrezi Fitra
30 September 2015, 09:53
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Investor yang berminat membangun kilang meminta agar PT Pertamina (Persero) berkomitmen menjadi offtaker yang menyerap seluruh hasil produksi kilang yang akan dibangun. Pertamina pun menyatakan siap, tapi dengan beberapa syarat.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan pihaknya siap menjadi offtaker, asalkan bisa mendapatkan saham pada kilang tersebut. Selain itu, Pertamina juga berharap untuk ditunjuk menjadi operator kilang. Pengalaman dalam mengelola kilang selama ini telah menjadi poin lebih bagi pertamina.

Advertisement

?Yang paling penting adalah kami memiliki equity pada proyek yang menghasil BBM (bahan bakar minyak) dan turunannya. Karena kami memiliki expertise (keahlian) di sana,? ujar Wianda kepada Katadata, beberapa waktu lalu.

(Baca: Bangun Infrastruktur, Pemerintah Didorong Gandeng Swasta)

Menurut Wianda, dari hasil pembicaraan dengan para investor, tidak ada yang mempermasalahkan kerjasama dari sisi kilang. Investor meminta lebih banyak dari sisi retail, untuk mendistribusikan produk hasil kilang di daerah-daerah yang tingkat konsumsinya besar.

Dia mengatakan sebenarnya Pertamina tidak melihat adanya urgensi pihak swasta harus melakukan distribusi hasil kilang. Selama ini hanya Pertamina yang berani dan mendapat penugasan khusus untuk mendistribusikan BBM di daerah terpencil, meski margin keuntungannya sangat kecil. Selama 57 tahun, tidak ada swasta yang mau masuk ke pelosok desa untuk mendistribusikan BBM.

Halaman:
Reporter: Manal Musytaqo
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement