Tekanan Harga Berkurang, September Deflasi 0,05 Persen

Aria W. Yudhistira
1 Oktober 2015, 11:10
Inflasi
KATADATA | Arief Kamaludin
BPS mengumumkan terjadi delasi 0,05 persen pada September. Deflasi terjadi seiring mulai berkurangnya tekanan harga makanan setelah puasa dan lebaran.

KATADATA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sepanjang September terjadi deflasi sebesar 0,05 persen. Ini merupakan deflasi pertama setelah dalam enam bulan terakhir mengalami inflasi.

Kepala BPS Suryamin mengatakan, deflasi terjadi karena tekanan harga pada kelompok bahan makanan mulai mengalami penurunan. Pada September, kelompok bahan makanan mengalami deflasi sebesar 1,07 persen, sedangkan pada bulan sebelumnya masih mengalami inflasi 0,91 persen.

“Jadi setelah lewati puasa dan lebaran tentunya kontrol dari pemerintah kendalikan harga cukup bagus” kata Suryamin dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (1/10).

Kelompok pengeluaran yang juga mengalami deflasi adalah transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan yang tercatat deflasi sebesar 0,40 persen.

Sementara kelompok pengeluaran lain masih mengalami inflasi, meskipun cenderung mengalami penurunan. Terkecuali pada kelompok perumahan, air, listrik, gas, bahan bakar yang laju inflasinya mengalami kenaikan dari 0,16 persen pada Agustus menjadi 0,20 persen pada September. Begitu juga dengan kelompok sandang yang pada September tercatat inlasi sebesar 0,83 persen dari bulan sebelumnya sebesar 0,01 persen.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...