Pertagas Klaim Semua Mitra Dagangnya Punya Infrastruktur

Safrezi Fitra
2 Oktober 2015, 15:04
Pipa Gas
Arief Kamaludin|KATADATA
Pipa Gas KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan adanya praktik percaloan di bisnis distribusi gas. PT Pertamina Gas yang menjual gasnya kepada pedagang tidak mau disalahkan perihal adanya praktik tidak sehat tersebut.

Direktur Pengembangan Bisnis dan Komersial Pertamina Gas Ahmad Kudus mengatakan trader gas yang tidak memiliki infrastruktur memang tidak bisa disalahkan keberadaannya. Mereka tidak melanggar hukum, bahkan mendapat izin dari pemerintah.

Advertisement

Kementerian ESDM mencatat ada 25 persen trader gas yang berdagang dengan hanya menunjukkan kertas alokasi gas. Mereka menjual gas tersebut kepada perusahaan lain yang memiliki infrastruktur distribusi, tapi tidak mendapat alokasi gas.

Meski demikian, Pertagas mengaku 25 trader gas tersebut tidak ada yang menjadi mitranya. Anak perusahaan PT Pertamina ini bahkan menjamin semua pelaku usaha (trader) yang membeli gas dari Pertagas, memiliki infrastruktur distribusi.

"Trader yang beli gas dari kami, saya yakin trader yang punya fasilitias, punya pipa, dan segala macamnya," kata Ahmad kepada Katadata, di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (1/10). (Baca: Pemerintah Akan Persempit Celah Bisnis Makelar Gas)

Sampai saat ini total gas yang dialirkan lewat pipa Pertagas mencapai 1.500 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Sementara gas yang dijual Pertagas melalui pihak ketiga hanya 130 MMSCFD.

Halaman:
Reporter: Manal Musytaqo
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement