Kaltim Agresif Dekati Investor Arab Bangun Kilang di Bontang

Safrezi Fitra
8 Oktober 2015, 15:28
Kilang Minyak
KATADATA
Kilang Minyak

KATADATA - Pemerintah cukup agresif mendekati investor Arab Saudi agar mau merealisasikan niatan lamanya membangun kilang di Indonesia. Bukan hanya pemerintah pusat, pemerintah daerah pun sampai menyempatkan waktu untuk berkunjung ke negara tersebut untuk membicarakan hal ini.

Investor Arab sebelumnya memang sudah mengirimkan surat kepada pemerintah mengenai minat investasinya membangun kilang. Menindaklanjuti surat tersebut, Presiden Joko Widodo berkunjung ke Arab Saudi pada pertengahan September lalu. Dari pertemuan tersebut, perusahaan migas asal negara tersebut menyatakan keinginannya membangun kilang senilai US$ 10 miliar atau sekitar Rp 140 triliun di Indonesia.

Investor asal Arab Saudi terlihat cukup agresif untuk merealisasikan niatnya membangun kilang di Indonesia. Setelah sebelumnya menyurati pemerintah terkait minat ini, investor tersebut juga telah menentukan lokasi pembangunan kilang tersebut dan telah melakukan pembicaraan serius dengan pemerintah daerah setempat.

Staf Ahli Gubernur Kalimantar Timur Profesor Zain Helvin mengatakan pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dua kali bertemu dengan investor tersebut di Jeddah, Arab Saudi. Hasil pertemuan tersebut, investor Arab berkomitmen membangun kilang di Bontang, Kalimantan Timur. 

Untuk melanjutkan pembicaraan investasi ini, para investor tersebut akan datang ke Indonesia pada 20 Oktober. “Insyaallah akan ke Samarinda pada 24 Oktober dan langsung meninjau Balikpapn dan bontang,” kata Zein, di Balik Papan, Kalimantan Timur (6/10). (Baca: BKPM Janjikan Insentif Jika Saudi Aramco Jadi Bangun Kilang)

Gubernur Kaltim Awang Faroek merasa yakin investor tersebut akan merealisasikan niatnya. Bahkan dia menyebut investor ini siap menggunakan dananya sendiri untuk membangun kilang, jika pemerintah tidak memiliki anggaran. Dia menyebutkan bahwa investor ini sudah siap memulai pembangunan (groundbreaking) kilangnya tahun ini.

Direktur Pembinaan Hulu Migas Kementerian ESDM Joko Siswanto menyambut baik informasi keinginan investor Arab Saudi dalam proyek pembangunan kilang Bontang. Masalahnya, belum jelas apakah investor tersebut akan berinvestasi sendiri atau dengan menggandeng PT Pertamina (Persero).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...