Investasi Pertamina Tahun Depan Tak Terganggu Harga Minyak

Arnold Sirait
18 Desember 2015, 13:00
Migas
Katadata

KATADATA - Anjloknya harga minyak dunia ternyata tidak mempengaruhi investasi hulu di PT Pertamina (Persero). Hal ini dibuktikan dengan dana yang akan digelontorkan Pertamina untuk investasi di sektor hulu tahun depan.

Di saat beberapa kontraktor minyak dan gas bumi (migas) mulai mengerem investasi, Pertamina malah meningkatkan investasinya di sektor hulu. Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan Pertamina sudah menyiapkan dana sebesar US$ 3,8 miliar untuk investasi hulu  migas. Nilai investasi tersebut meningkat 21 persen dibandingkan tahun ini.

Advertisement

Alasannya menambah investasi di hulu karena Pertamina ingin tetap bisa tumbuh di tengah harga minyak yang terus merosot. Dia khawatir jika Pertamina tidak menambah atau malah menurunkan investasi, keinginan ini tidak dapat terealisasi. (Baca: Total Kurangi Investasinya di Indonesia Tahun Depan)

“Kan Pertamina tetap harus tumbuh. Kalau tidak ada investasi bagaimana mau tumbuh,” kata dia kepada Katadata melalui pesan singkatnya beberapa waktu lalu.

Total investasi ini akan dibelanjakan untuk kegiatan hulu migas di dalam negeri dan luar negeri. Untuk dalam negeri dialokasikan sebesar US$ 2,6 miliar. Penggunaannya untuk aktifitas anak usaha, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) seperti kegiatan menggarap Blok Offshore North West Jawa (ONWJ) dan West Madura Offshore (WMO). Selain PHE, Pertamina juga akan mengucurkan dana ke anak usaha lain di sektor hulu, yakni PT Pertamina EP.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement