Calon Investor Kilang Tuban Mengerucut Jadi Sembilan

Safrezi Fitra
23 Desember 2015, 12:00
Kilang Minyak
KATADATA
Kilang Minyak

KATADATA - Pemerintah sudah menetapkan akan membangun dua kilang minyak baru tahun depan. Lokasinya pun sudah ditentukan, yakni di Bontang, Kalimantan Timur dan Tuban, Jawa Timur. Beberapa investor sudah menyatakan minatnya untuk membangun kilang tersebut.

"Kita butuh minimum 1,2 juta barel per hari untuk kapasitas kilang baru dalam 10 tahun depan. Jadi kalau bisa terbangun dulu pertama yang di Tuban," kata Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja dalam konferensi pers di gedung Migas Jakarta, Selasa (22/12).

Pembangunan kilang di Tuban ini ternyata cukup menarik bagi investor. Sudah ada 36 investor yang sedang mengikuti proses seleksi sebagai calon mitra strategis PT Pertamina (Persero) yang akan membangun kilang tersebut. Wiratmaja mengaku saat ini jumlah investor yang lolos proses seleksi tersebut sudah mengerucut menjadi sembilan. “Sekarang sedang intensif didiskusi dengan Pertamina,” ujarnya.

Direktur Pengolahan PT Pertamina Rahmat Hardadi juga membenarkan investor yang lolos tahap seleksi saat ini sudah mengerucut menjadi sembilan investor. Mereka adalah Saudi Aramco asal Arab Saudi, Rosneft (Rusia), JX Nippon (Jepang), Idemitsu (Jepang), PTT GC (Thailand), Thai Oil (Thailand), Indian Oil (India), KPC (Kuwait) dan Sinopec (China).

Dia mengatakan jumlah investor yang lolos kualifikasi awal ini masih akan berubah, karena prosesnya masih berjalan. “Kami masih tunggu sampai 7 Januari 2016,” ujar Rahmat kepada Katadata, Rabu (23/12). (Baca: Pertamina Berharap Bisa Gaet Mitra Strategis Kilang Awal 2016)

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...