Inpex Desak Pemerintah Segera Putuskan Blok Masela

Arnold Sirait
8 Januari 2016, 19:59
Migas
Katadata | Dok.

KATADATA - Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Jepang Inpex Corporation mendesak pemerintah segera memutuskan skema pengembangan Blok Masela. Selaku kontraktor blok migas di Laut Arafura tersebut, Inpex sangat berharap [pemerintah membuat keputusan yang terbaik bagi semua pihak.

Manajer Communication and Relation Inpex Usman Slamet mengatakan, pihaknya sangat menghargai upaya pemerintah dalam membahas skema terbaik untuk untuk pengembangan Blok Masela. Namun, dia berharap pemerintah tidak terlalu lama melakukan kajian dan mengambil keputusannya. “Kami sangat mengharapkan tentunya ada keputusan secepatnya,” kata dia kepada Katadata, Jumat (8/1).

Advertisement

Usman mengaku, hingga saat ini belum mendapat undangan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas rencana pengembangan Blok Masela. Jadi, manajemen Inpex tidak mau berspekulasi saat ini mengenai keputusan yang akan diambil Presiden, termasuk jika keputusan itu berbeda dari proposal yang sebelumnya diajukan Inpex. “Belum ada pembahasan. Kita tunggu POD atau plan of development (rencana pengembangan wilayah) dululah,” tukasnya.

(Baca : Pemerintah Siapkan Badan Otoritas Kawasan Industri di Blok Masela)

Sekadar informasi, Inpex telah mengajukan proposal pengembangan Blok Masela ke Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) pada awal September lalu. Dalam proposal itu, Inpex mengajukan skema pengembangan blok secara offshore dengan menggunakan kilang terapung gas alam cair (FLNG) di laut.

Selain itu, ada sejumlah revisi dari proposal yang sudah diajukan sebelumnya. Dalam proposal PoD pertama pada 2010 lalu, cadangan terbukti Blok Masela hanya 6,05 triliun kaki kubik (tcf) dan kapasitas FLNG 2,5 juta ton per tahun selama 30 tahun. Adapun produksi gas hanya 400 mmscfd, dan kondensat 8.100 barel per hari (bph). Blok ini diperkirakan akan berproduksi pada 2019.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement