SKK Migas: Proposal IDD Chevron Kelar Dalam Dua Pekan

Arnold Sirait
8 Januari 2016, 16:20
skk migas
Arief Kamaludin|KATADATA
skk migas

KATADATA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menargetkan proposal revisi rencana pengembangan (plan of development/PoD) untuk proyek laut dalam (IDD) di Selat Makassar selesai dalam dua pekan. Chevron Indonesia Company selaku kontraktor Blok tersebut sudah  mengajukan proposal revisi tersebut sejak 31 Desember 2015.

Kepala Bagian Humas SKK Migas Elan Biantoro mengatakan sampai saat ini proposal tersebut masih dikaji oleh SKK Migas. “Masih buka dua lembar dari proposal mereka. Kira-kira dua minggu selesai, karena SKK migas juga bakal panggil Chevron untuk evaluasi proposal PoD,” kata dia kepada Katadata, Kamis (7/1).

Advertisement

Dalam revisi proposal tersebut, ada beberapa perubahan seperti jadwal beroperasi (onstream) beberapa proyek. Untuk proyek Lapangan Gendalo dijadwalkan baru beroperasi pada 2022 dan Lapangan Gehem pada 2023. Kedua proyek ini awalnya dijadwalkan beroperasi pada 2020. (Baca: Chevron Komitmen Lanjutkan Investasi di Indonesia)

Nilai investasi yang diajukan Chevron juga berubah, lebih rendah dari yang diajukan sebelumnya. Dalam proposal yang baru ini, Chevron mengajukan biaya investasi yang akan dikeluarkan untuk proyek IDD di Selat Makasar sebesar US$ 10 miliar atau sekitar Rp 140 triliun. 

Pada awal PoD yang disetujui di 2008, Chevron mengajukan nilai investasi proyek tersebut sebesar US$ 6,9 miliar atau sekitar Rp 96,6 triliun. Namun, setelah tahap Front-End Engineering Design (FEED) pada 2013, biaya investasi yang dibutuhkan melonjak hampir dua kali lipat US$ 12 miliar atau Rp 168 triliun.

Perubahan nilai investasi ini salah satunya dipengaruhi oleh tren harga minyak. Menurut Elan, acuannya bukanlah harga minyak saat ini. Besaran investasi tersebut juga harus memprediksi harga minyak ke depan. “Kalau kami mau prediski itu menggunakan tren jangka panjang,” ujar dia. (Baca: Belum Revisi Proyek IDD, Chevron Masih Hitung Banyak Faktor)

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement