Pemangkasan Investasi Petronas Belum Berdampak ke Indonesia

Arnold Sirait
21 Januari 2016, 19:17
Migas
Katadata | Dok.

KATADATA - Anjloknya harga minyak dunia telah mendorong banyak perusahaan minyak dan gas bumi (migas) multinasional mengencangkan ikat pinggangnya dan mengerem ekspansi usaha. Langkah tersebut juga ditempuh Petroliam Nasional Bhd (Petronas).

Dalam empat tahun ke depan,  perusahaan minyak dan gas bumi (migas) milik pemerintah Malaysia ini berencana memangkas belanja modal dan operasionalnya. Nilai pemangkasannya cukup besar, yaitu 50 miliar ringgit atau setara Rp 159 triliun.

Kebijakan tersebut bisa pula mempengaruhi beberapa proyek migas Petronas di Indonesia. Namun, Business Development & External Relations Manager Petronas Carigali Indonesia Operations Pudja Kartawidjaja memastikan, kebijakan tersebut belum mempengaruhi proyek migas di tanah air. Hingga kini, belum ada keputusan dari kantor pusat Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia, untuk menunda atau menghentikan proyek yang sedang berjalan di Indonesia.

“Semua masih seperti biasa sambil kami masih menunggu arahan selanjutnya dari kantor pusat. Setelah semua clear akan kami kabari,” katanya kepada Katadata, Kamis (21/1).

(Baca : Tahun Ini 13 Proyek Migas Mulai Beroperasi)

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...