Akuisisi Lazada, Alibaba Jadi Raja E-Commerce di Asia Tenggara

Maria Yuniar Ardhiati
12 April 2016, 19:28
Lazada e-commerce
Arief Kamaludin|KATADATA

Alibaba Group Holding Limited telah meneken kesepakatan pembelian saham Lazada Group S.A. dari tangan pemegang saham pengendalinya, Rocket Internet SE, senilai US$ 500 juta, pada Selasa (12/4). Selain itu, raksasa lapak online atau electronic commerce (e-commerce) asal Cina ini membeli sisa saham Lazada dari pemegang saham lainnya, sehingga total nilai transaksi akuisisi tersebut US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13,2 triliun.  

Perincian transaksi akuisisi itu, seperti dilansir Bloomberg, adalah Alibaba membeli saham baru Lazada senilai US$ 500 juta dan 9,1 persen saham milik Rocket sebesar US$ 137 juta. Selain itu, membeli saham Lazada dari para pemegang saham lain, yaitu jaringan supermarket asal Inggris, Tesco Plc, dan Investment AB Kinnevik, senilai total US$ 1 miliar.

Pasca transaksi itu, Rocket masih memiliki 8,8 persen saham di Lazada, Tesco sebesar 8,3 persen, dan Kinnevik 3,6 persen. Alibaba juga mengantongi hak untuk membeli sisa saham Lazada itu sesuai dengan harga pasar dalam kurun 12-18 bulan pasca transaksi akuisisi ini. Alhasil, potensi nilai akuisisi Alibaba atas semua saham Lazada bisa mencapai US$ 1,5 miliar, sesuai nilai wajarnya yang sebelumnya dihitung oleh Rocket. 

(Grafik: 5 E-Commerce Terpopuler Indonesia)

Bloomberg mencatat, transaksi tersebut merupakan aksi akuisisi terbesar Alibaba di luar Cina. Sebelumnya, pada tahun lalu, perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma ini mengakuisisi perusahaan layanan video asal Cina, Youku Tudou Inc., senilai US$ 5 miliar. "Alibaba menilai globalisasi sebagai bagian dari strategi penting untuk pertumbuhan saat ini dan di masa mendatang," kata Presiden Alibaba, Michael Evans, seperti dilansir Business Wire.

Dengan mengakuisisi Lazada, Alibaba memperoleh akses menuju konsumen yang besar dan tumbuh di luar Cina. Langkah ekspansi ini juga sejalan dengan strategi Alibaba menghubungkan merek-merek dagang, distributor serta konsumen sekaligus mendukung ekspansi di Asia Tenggara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...