Menteri ESDM: Inpex Akan Terima Berapapun Jatahnya di Blok Mahakam

Safrezi Fitra
28 April 2016, 12:16
Sudirman Said
Arief Kamaludin|KATADATA
Inpex sudah lama mengambil keputusan, berapa pun (hak yang didapat) mereka akan berpartisipasi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan pihaknya sudah mendapat kepastian dari Inpex Corporation terkait hak pengelolaan Blok Mahakam. Saat ini pemerintah masih menunggu keputusan dari kontraktor lainnya, yakni Total E&P Indonesie.

“Inpex sudah lama mengambil keputusan, berapa pun (hak yang didapat) mereka akan berpartisipasi. Total yang sedang kami tunggu sekarang,” kata Sudirman di Kompleks Istana Negara beberapa waktu lalu. 

Dia mengaku saat ini belum bisa menyimpukan apakah Total akan mengambil atau tidak, jatah saham di Blok Mahakam, setelah kontraknya berakhir pada 2017. Karena sampai saat ini perusahaan tersebut belum memutuskan apapun.

Manajemen Total, kata Sudirman, mengaku masih akan terus mengkaji hal ini. Namun, mereka tetap berjanji akan menjalankan proses transisi untuk peralihan pengelolaan Blok Mahakam pada 2018 kepada Pertamina.

“Saya kira total sedang memfinalkan keputusannya, mereka mengatakan terus mengkaji keputusan finalnya mau seperti apa,” ujarnya. (Baca: Negosiasi Pertamina-Total soal Blok Mahakam Tersisa Dua Pekan)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...