Tol Sumatera Bisa Dipakai Mudik Lebaran

Safrezi Fitra
7 Juni 2016, 10:25
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan beberapa ruas tol Trans Sumatera sudah rampung. Ruas tol ini akan beroperasi dalam waktu dekat dan bisa digunakan masyarakat saat mudik lebaran mendatang.

“Sudah, ada beberapa ruas itu Bakauheni-Terbangi Besar bisa dan Indralaya-Palembang bisa,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat ditemui di kompleks Istana Presiden, Senin (6/6). (Baca: Hutama Karya Yakin Sebagian Empat Tol Sumatera Kelar Tahun Ini)

Meski mengaku bahwa pembangunan tol Trans Sumatera sudah selesai pengerjaannya, Basuki masih belum bisa memastikan kapan tol tersebut akan dioperasikan. Dia hanya mengatakan pengoperasian akan dilakukan setelah uji coba. Yang pasti saat momen mudik lebaran sudah bisa digunakan.

Dia mengaku sudah melihat langsung perkembangan pembangunan proyek Trans Sumatera saat meninjau proyek tersebut bulan lalu. Rencananya dua pekan sebelum lebaran, Basuki akan kembali ke Sumatera untuk memastikan kesiapan tol tersebut beroperasi. (Baca: Bangun Tol Aceh, Hutama Karya Minta Tambahan Modal)

trans sumatera
trans sumatera (Kementerian PUPR)

Peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan ruas tol Trans Sumatera ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 30 April 2015. Untuk melihat langsung perkembangan proyek Trans Sumatera, Jokowi sampai lima kali berkunjung ke beberapa ruas tol tersebut. Dia pun mengaku puas dengan perkembangan proyek tersebut.

Melalui Peraturan Presiden Nomor 117 Tahun 2015, dia hendak memastikan bahwa PT Hutama Karya (Persero) akan menggarap seluruh ruas tol Trans Sumatera. Dari total 24 ruas tol yang digarap oleh Hutama Karya, dengan delapan ruas telah ditetapkan sebagai proyek prioritas nasional yang mesti kelar pada 2019. (Baca: Jokowi Tunjuk Hutama Karya Garap Semua Ruas Tol Sumatera).

Delapan ruas tol tersebut, yaitu ruas Medan – Binjai, Palembang – Simpang Indralaya, Pekanbaru – Dumai, dan Bakauheni – Terbanggi Besar. Lalu ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang, Pematang Panggang – Kayu Agung, Palembang - Tanjung Api-api, dan Kisaran – Tebing Tinggi.

Menurut Basuki, selain tol Trans Sumatera, untuk mengatasi arus mudik lebaran tahun ini pemerintah juga akan mengoperasikan tol Trans Jawa. “Tol Brebes dalam waktu dekat ini kalau Presiden bisa, akan diresmikan,” ujar Basuki. Dengan begitu, sepanjang Merak (Banten) hingga Brebes (Jawa Tengah) bisa tersambung tol tanpa terputus.

Pada musim mudik tahun lalu pemerintah telah berhasil mengoperasikan tol Cipali yang menghubungkan Cikopo (Purwakarta) ke Palimanan (Cirebon). Saat itu jalur ujung barat bagian utara (Banten) sudah bisa terhubung dengan jalan tol hingga ujung timur Jawa Barat bagian utara. (Baca: Jumlah Pemudik Tahun Ini Diperkirakan 26 Juta Orang)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...