Buku Utang Pembiayaan Pelabuhan Patimban Rampung Tahun Ini

Ameidyo Daud Nasution
22 Juni 2016, 13:37
Ilustrasi pembangunan pelabuhan
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menargetkan revisi buku utang (bluebook) segera rampung. Salah satu yang direvisi adalah memasukkan rencana utang untuk pembiayaan Pelabuhan Patimban.

Deputi Sarana dan Prasarana Bappenas Wismana Adi Suryabrata mengatakan saat ini proses revisi tersebut masih digodok di Bappenas, yakni di Deputi Pendanaan Pembangunan. Targetnya Bluebook tersebut akan diluncurkan tahun ini.

"Segera dalam waktu dekat ini dikeluarkan, sampai saat ini tidak ada sesuatu yang membuat berhenti," kata Wismana di Gedung Bappenas, Selasa malam (21/6). (Baca: Jokowi: Masa Depan Indonesia Ada di Laut)

Setelah revisi Bluebook ini ditetapkan, pemerintah akan langsung menjalankan langkah selanjutnya, yakni studi kelayakan proyek Pelabuhan Patimban. Kemudian prosesnya akan dilanjutkan dengan pembuatan desain rekayasa yang lebih rinci atau Detail Engineering Design (DED).

Wismana mengatakan Jepang hampir dipastikan menjadi kreditur proyek pelabuhan pengganti Proyek Cilamaya. Titik lokasi pembangunan pelabuhan ini juga tidak akan ada perubahan, mengingat pemilihan tempat sudah dikaji dengan matang oleh pemerintah setelah Proyek Cilamaya batal.

"Apalagi kita sudah masukkan proyeknya ke bluebook, harusnya tidak berubah (lokasinya)," kata Wismana. (Baca: Ke Jepang, Jokowi Bahas Proyek Pelabuhan Patimban)

Saat ini, Bappenas masih menjadi leading sector atau penanggung jawab untuk proyek Pelabuhan Patimban. Namun setelah revisi Bluebook ditetapkan, maka Kementerian Perhubungan akan mengambil alih sebagai kementerian teknis yang bertanggung jawab. Apalagi usulan proyek ini memang datang dari Kementerian Perhubungan.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...