SKK Migas Sebut BP Tertarik Beli Hak Kelola di Blok Kasuri

Anggita Rezki Amelia
24 Juni 2016, 17:16
SKK Migas
Arief Kamaludin|KATADATA
SKK Migas

Genting Oil Kasuri terus mencari mitra kerja di Blok Kasuri. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyebutkan perusahaan minyak dan gas bumi asal Inggris, BP, tertarik untuk membeli hak pengelolaan itu.

Kepala Bagian Humas SKK Migas Taslim Z. Yunus mengatakan BP tertarik ikut memiliki 40 persen hak kelola Blok Kasuri karena lokasinya. “Yang jelas BP pasti tertarik karena dekat sama tempat dia,” kata Taslim saat acara buka bersama dengan wartawan, Kamis, 24 Juni 2016. (Baca: Pertamina Tertarik Beli Saham Genting Oil di Blok Kasuri).

Advertisement

Selain BP, Taslim juga mengatakan Genting mencari perusahaan lainnya seperti Shell. Namun sampai saat ini belum mengetahui proses pencarian mitra tersebut. Ia masih menunggu penggumuman dari pihak Genting.

Tidak hanya perusahaan multinasional, Pertamina juga mengincar saham Genting Oil Kasuri Pte. Ltd di blok yang terletak di Papua Barat. Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengaku sedang mengkaji peluang mendapatkan saham kontraktor migas asal Malaysia itu. Ini bagian dari rencana Pertamina mengembangkan blok migas di kawasan timur Indonesia.

"Memang sedang dipelajari ke timur, juga masuk ke Papua Nugini. Kalau sudah ada gambaran akan kami sampaikan," katanya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, Genting juga sedang menyusun proposal pengembangan atau Plan of Development (PoD) Blok Kasuri. Salah satu kendalanya adalah belum adanya pembeli gas dari blok tersebut, meski sudah ada calon pembeli gas yakni Petrokimia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement